Jumat, 04 Mei 2018

PERBEDAAN WEBSITE DAN SEARCH ENGINE



Pengertian Website


Website adalah sering juga disebut Web, dapat diartikan suatu kumpulan-kumpulan halaman yang menampilkan berbagai macam informasi teks, data, gambar diam ataupun bergerak, data animasi, suara, video maupun gabungan dari semuanya, baik itu yang bersifat statis maupun yang dinamis, yang dimana membentuk satu rangkaian bangunan yang saling berkaitan dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink.

Jenis-jenis website ada 3 (tiga) macam, yaitu      :
1.    Website Statis adalah suatu website yang mempunyai halaman yang tidak berubah. Yang artinya adalah untuk melakukan sebah perubahan pada suatu halaman hanya bisa dilakukan secara manual yaitu dengan cara mengedit kode-kode yang menjadi struktur dari website itu sendiri.
2.  Website Dinamis adalah merupakan suatu website yang secara strukturnya diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain dimana utamanya yang bisa diakses oleh para pengguna (user) pada umumnya, juga telah disediakan halaman backend yaitu untuk mengedit kontent dari website tersebut. Contoh dari website dinamis seperti web berita yang didalamnya terdapat fasilitas berita, dsb.
3.  Website Interaktif adalah suatu website yang memang pada saat ini memang terkenal. Contohnya website interaktif seperti forum dan blog. Di website ini para pengguna bisa berinteraksi dan juga beradu argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka.


Pengertian Search Engine

Search Engine (Mesin Pencari) adalah sebuah sistem software yang di desain untuk mencari berbagai informasi yang tersimpan dalam layanan World Wide Web (WWW), File Transfer Protocol (FTP), Mailing List, atau News Group yang berada di dalam sebuah atau sejumlah Server dalam suatu batasan jaringan. Hasil dari pencarian akan menampilkan berbagai data informasi yang bersumber dari sebuah Website, Blog, Forum tertentu. Hasil dari pencarian sering disebut sebagai Search Engine Result Pages (SERPs). Hasil pencarian juga memiliki variasi data yang ditampilkan, seperti bentuk tulisan, gambar, video, dan bentuk tampilan lainnya. Dari hasil pencarian yang ada akan menampilkan data sesuai dengan urutan yang telah ditentukan oleh Algoritma Search Engine. Jadi untuk dapat masuk ke urutan halaman pertama Search Engine tidaklah mudah. Banyak perhitungan dan tata cara yang harus dilakukan untuk dapat masuk ke halaman pertama suatu Search Engine. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menjalankan teknik SEO pada website bisnis anda.


Contoh Search Engine Populer
1.     Google
Google merupakan perusahaan penyedia layanan search engine yang paling banyak digunakan oleh seluruh pengguna jaringan internet di dunia. Nama Google diambil dari kata gogol yang artinya adalah merujuk kepada sebuah bilangan yang tidak terhingga satuannya.


2.    Yahoo

Yahoo merupakan perusahaan search engine terpopuler kedua yang ada di dunia. Search engine ini dimiliki oleh perusahaan asal California, Amerika serikat, yaitu perusahaan Yahoo!Inc. Search engine Yahoo tidak hanya menyediakan fasilitas mesin pencarian, tetapi juga menyediakan layanan email gratis.

3.     Bing

Bing merupakan salah satu produk search engine yang sepenuhnya dimiliki oleh Microsoft Corporation. Search engine ini pada dasarnya merupakan generasi penerus dari beberapa search engine milik Microsoft yang terlebih dahulu gagal seperti Live Search, Windows Live Search, dan juga MSN Search.

4.     Altavista

Altavista merupakan program search engine yang juga dimiliki oleh Yahoo. Dibandingkan ketiga search engine lainnya, Altavista memang tidak begitu populer, terutama di luar Negara Amerika Serikat yang merupakan negara kelahirannya.



Jadi Website dan Search Engine memiliki perbedaan. Website adalah kumpulan dari berbagai macam halaman sedangkan search engine adalah mesin yang digunakan untuk mencari informasi. Sebagai contoh ketika anda ingin mencari sebuah informasi mengenai harga sebuah komputer maka anda akan menuliskan kata kunci pencarian seperti " harga komputer terbaru 2017", kemudian search engine akan melakukan pencarian berdasarkan kata kunci yang anda tulis dan menampilkan hasil dari website yang berkaitan kuat dengan kata kunci tersebut.







Oleh  :
Ni Kadek Evi Suprayanti
15110111056 (MP.B/6)
Program Studi Manajemen Perhotelan
Universitas Dhyana Pura

1 komentar:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus