Senin, 09 April 2018

PERBEDAAN ANTARA E-BUSINESS DAN E-COMMERCE


Istilah e-business dan e-commerce seringkali terlihat dan digunakan untuk proses yang sama. Namun demikian, meskipun berhubungan, keduanya memiliki arti yang berbeda. Awalan “e” berarti “elektronik”, yang berarti kegiatan atau transaksi yang digunakan  tanpa pertukaran atau kontak fisik. Transaksi diadakan secara elektronik atau digital,  sesuatu dibuat menjadi mungkin dengan pesatnya perkembangan komunikasi digital.

Ada beberapa perbedaan antara E-commerce dan E-business yaitu :
  1. E-business mencakup area yang sangat luas, mulai dari pembangunan modal, sumber daya manusia, sumber daya teknologi, proses marketing dan pemasaran, manajemen perkantoran, proses audit, dan segala macam elemen lainnya. Sedangkan, e-commerce hanya berfokus pada proses jual beli atau pemindahtanganan yang dilakukan melalui proses transaksi secara elektronik di sebuah situs.
  2. E-commerce merupakan bagian kecil dari sebuah e-business. Ibaratnya, apabila kita ibaratkan sebagai tubuh manusia, e-business adalah seluruh tubuh manusia, sedangkan e-commerce hanyalah bagian tangan kiri atau tangan kanan manusia saja.
  3. E-commerce hanya membutuhkan spesifikasi dan juga kemampuan analisa dari segi penjualan dan transaksi saja. Sedangkan e-business membutuhkan pertimbanan matang dari berbagai aspek, mulai dari aspek pemasaran, produksi, dan sebagainya.
  4. E-commerce hanya menjalankan tugasnya sebagai media transaksi jual-beli secara online saja, sedang e-business lebih ke arah edukasi dan juga menjaga agar pelanggan paham lebih banyak tentang manfaat dari sebuah produk maupun jasa yang didapat dari sebuah transakasi online.
  5. Jika e-commerce hanya memerlukan sistem pemasaran termasuk spesifikasi dan juga analisis dalam segi penjualan saja, tetapi e-business lebih kompleks yang menyasar setiap bagian dari hulu hingga hilir sebuah bisnis.
  6. E-commerce pun juga dapat dikatakan sebagai sebuah kegiatan dalam menarik siapapun termasuk setiap pelanggan, suplier maupun mitra untuk membeli maupun menjual barang dan jasa secara online. Sedangkan e-business bergerak dari awal, mulai dari perencanaan proses produksi, manajemen resiko, pengembangan sebuah produk maupun jasa, manajemen keuangan sebuah organisasi maupun perusahaan.

Pada dasarnya e-commerce digambarkan sebagai sebuah kegiatan yang menggunakan internet dan juga Web dalam sebuah transaksi bisnis. Secara formal, kegiatan digital ini memungkinkan adanya sebuah transaksi komersial yang melibatkan perusahaan atau organisasi dengan individu.
Sedangkan E-business merupakan sebuah proses bisnis secara digital yang tak hanya mewadahi setiap proses transaksi yang terjadi namun juga memberikan edukasi juga informasi dari dalam sebuah perusahaan dengan sistem informasi dan kontrol yang handal.
Sehingga bisa disimpulkan bahwa E-business mengacu pada teknologi informasi dan juga komunikasi yang dipergunakan baik oleh organisasi, perusahaan, individu, dan juga siapapun. Demi menjalankan juga mengelola bisnis sehingga bisa memberikan banyak keuntungan secara komersial, seperti fleksibilitas, optimasi, keamanan, integrasi, efisiensi, maupun meningkatkan produktivitas serta profit yang didapat.





Oleh  :
Ni Kadek Evi Suprayanti
15110111056 (MP.B/6)
Program Studi Manajemen Perhotelan
Universitas Dhyana Pura

Tidak ada komentar:

Posting Komentar