Senin, 12 Maret 2018

FILOSOFI KISAH EMBRO DAN PIPO







Pesan yang terkandung dalam kisah Embro dan Pipo yaitu kita harus bekerja secara cerdas. Karena, seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi serta kerasnya persaingan hidup, waktu dan tenaga adalah taruhan dalam upaya untuk memelihara kelangsungan hidup.
Dalam kisah ini, Embro merupakan orang yang giat bekerja, tidak peduli siang atau malam, hujan ataupun tidak, dia tetap bekerja keras untuk mendapatkan uang demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun yang menjadi masalah adalah pertama, waktu yang dimiliki terbatas hanya 24 jam dan yang kedua, tidak selamanya kita mampu bekerja.
Maka dari itu, dalam bekerja kita patut mencontoh cara Pipo yaitu bekerja cerdas, dengan cara mengubah paradigma kita dalam mendapatkan penghasilan. Paradigma umum yang berlaku dalam mendapatkan penghasilan adalah bekerja untuk mencari uang, dan membayarnya dengan pengorbanan waktu dan tenaga secara terus menerus. Bekerja keras memang baik. Namun faktanya, kita tidak dapat bekerja secara terus menerus karena ada saatnya kita memasuki masa pensiun/tua, stress, depresi, dan lain sebagainya. Kita juga butuh waktu untuk keluarga, memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidup yang semakin beragam dan berusaha menggapai segala impian yang begitu kita harapkan. 
Oleh sebab itu, jika ingin berhasil kita perlu membuka diri dan pikiran, serta selalu mempertimbangkan pendapat atau gagasan dari orang lain. Siapa tahu, kita bisa mendapat inspirasi dari gagasan tersebut dan dapat membawa perubahan besar dalam hidup kita





Oleh  :
Ni Kadek Evi Suprayanti
15110111056 (MP.B/6)
Program Studi Manajemen Perhotelan
Universitas Dhyana Pura

Tidak ada komentar:

Posting Komentar